Sobat gapura, teriring salam bahagia untuk pembaca yang budiman. Pada kesempatan ini saya akan berbagi terkait koneksi antar materi modul 1.3 visi guru penggerak.
Sebuah Rancangan Tindakan yang akan dilakukan untuk Aksi Nyata pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Nama : RUSDIANA CGP. Angkatan 2 Kabupaten Majalengka
A. Latar Belakang
Berhasilnya sebuah proses pembelajaran di sekolah sangat ditentukan oleh peran guru secara optimal. Tetapi hal ini perlu didukung oleh siswa sebagai subjek pembelajaran. Peran utama siswa sebagai pembelajar menjadi tumpuan untuk berjalannya proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Betapapun bagus dan baiknya metode yang digunakan oleh guru, tapi kalau seorang gurutidak mampu memahami apa yang diinginkan muridnya dalam proses pembelajaran, tentunya metode pembelajaran itu tidak akan berhasil dan sempurna.
Langkah yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah:
- Guru harus memahami terlebih dahulu metode belajar seperti apa yang diinginkan oleh siswa.
- Guru membuat kesepakatan belajar dengan siswa. Penentuan kesepakatan belajar ini harus benar-benar melibatkan siswa dan jangan didominasi oleh guru. Dengan adanya kesepakatan belajar ini maka akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
B. Tujuan
Beberapa tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu:
- Untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam menentukan proses belajar di kelas.
- Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.
- Untuk mewujudkan visi murid merdeka dan merdeka belajar.
C. Acuan
Acuan ataupun tolok ukur keberhasilan dari aksi nyata yang dilaksanakan adalah :
- Siswa terlibat secara aktif dan melahirkan kesepakatan belajar.
- Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.
- Terwujudnya visi murid merdeka dan merdeka belajar.
Adapun langkah-langkah tindakan yang akan saya lakukan untuk mewujudkan aksi nyata ini adalah sebagai berikut :
- Menyebar kuesioner terkait cara belajar seperti apa yang diinginkan oleh murid.
- Melakukan pertemuan secara virtual dengan siswa untuk membahas hasil pengisian kuesioner.
- Menetapkan kesepakatan belajar bersama dengan siswa.
- Memajang kesepakatan belajar di dinding kelas.
- Menugaskan siswa untuk mencatat kesepakatan belajar yang telah disepakati untuk selalu diingat.
- Membuat dokumentasi.
D. Penyusunan Laporan.
Dukungan yang Dibutuhkan
Untuk melancarkan pelaksanaan rancangan tindakan untuk aksi nyata yang telah dsusun tentunya diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan yang penulis perlukan yaitu; dukungan dan izin kepala sekolah, keterlibatan siswa, dan juga dukungan dari orang tua siswa.
Demikianlah koneksi antar materi modul 1.3 visi guru penggerak yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat. Semangat dan bahagia.
Salam sobat gapura!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar